Makalah Pasar Persaingan tak Sempurna

Pasar Persaingan Tak Sempurna

Jenis pasar pasar merupakan mekanisme yang membuat (konsumen, distributor) dengan penjualan pasar pasar (produsen atau distributor) dapat berinteraksi untuk bertransaksi dalam rangka penetapan harga jual. Kegunaan Jenis pasar pasar merupakan untuk menentukan nilai barang dalam transaksi dan persaingan pasar pasar tak sempurna untuk menyalurkan produk. Berdasarkan strukturnya jenis pasar pasar bisa digolongkan menjadi beberapa Jenis pasar pasar Persaingan Tak sempurna, Jenis pasar pasar Persaingan Tidak Tak sempurna. Berikut akan kita bahas satu persatu. 

Pengertian Jenis pasar pasar Persaingan Tidak Tak sempurna merupakan jenis pasar pasar yang jumlah penjualan pasar pasar dan persaingan pasar pasar tak sempurna pembeli yang membutuhkan tidak sebanding atau tidak seimbang kemungkinan yang terjadi merupakan jenis pasar pasar dikuasai oleh oleh satu penjualan pasar pasar atau beberapa penjualan pasar pasar, sedangkankan persaingan pasar pasar tak sempurnagkan pembeli yang membutuhkannya juga satu /beberapa pembeli yang membutuhkan yang menguasai jenis pasar pasar. Bentuk-bentuk Jenis pasar pasar Persaingan Tidak Tak sempurna

Jenis pasar Monopoli 

Jenis pasar pasar Monopoli merupakan suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran yang ditandai oleh hanya ada satu penjualan pasar pasar (produsen) di jenis pasar pasar berhadapan dengan permintaan seluruh pembeli yang membutuhkan (konsumen). Penyebab Timbulnya Monopoli.
  1. Monopoli teknologi, disebabkan oleh kemajuan perlatan teknologi sehingga perusahan lain tidak dapat menyainginya
  2. Monopoli alamiah, di mana daerah itu cocok untuk tanaman tertentu tu, daerah itu mengandung kekayaan tambang
  3. Monopoli masayarakat yang, disebabkan oleh kepercayaan masayarakat yang begitu fanatik terhadap merek tertentu
  4. Monopoli UU, timbul karena diatur pemerintah melalui UU, lindungan hukum, yaitu diperolehnya hak paten ,pemberian lisensi, hak otroi, hak merek, monopoli teknik
  5. Memiliki modal yang sangat besar, sehingga sulit disaingi dan persaingan pasar pasar tak sempurna karena produk digemari
  6. Jenis pasar pasarnya tidak luas atau Menguasai bahan mentah yang strategis

Ciri-Ciri Jenis pasar Monopoli. 

Hanya ada satu penjualan pasar pasar dan persaingan pasar pasar tak sempurna banyak pembeli yang membutuhkan. Tidak ada perusahaan yang dapat membuat barang subtitusi yang tak sempurna. Terdapat rintangan cukup kuat masuk ke jenis pasar pasar, karena produsen tsb menguasai faktor produksi, biaya efesien, berkualitas, atau adan persaingan pasar pasar tak sempurnaya hak poaten/lisensi/UU Pemerintah. Pembeli yang membutuhkan tidak punya pilihan. Keuntungan hanya terpusat pada produsen. Harga ditentukan produsen. Pemerintah tidak campur tangan dalam pembentukan harga.

Kelebihan Jenis pasar Monopoli, Keuntungan produsen cukup tinggi. Untuk produk yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh pemerintah. Kelemahan Jenis pasar pasar Monopoli, Tidak ada pilihan bagi pembeli yang membutuhkan. Keuntungan hanya bagi perusahan tsb, sehingga perusahaan lain tidak mendapatkan keuntungan dari usaha tersebut. Terjadi eksploitasi terhadap pembeli yang membutuhkan (dari segi harga jual produksi) dan persaingan pasar pasar tak sempurna eksploitasi terhadap pemasok faktor produksi (alam, tenaga kerja, modal, dan persaingan pasar pasar tak sempurna skill). Produsen bekerja tidak secara efesien. Produsen kurng memperhtikn tuntutn konsumen.

Penggolongan Monopoli: 

  1. Monopoli Alamiah, hal ini disebabkan oleh oleh faktor alam/geografis sehingga produk tsb tidak dihasilkan dari daerah lain (Misal: gas alam di Arun, tembaga di Timika, dll.) 
  2. Monopoli Undan persaingan pasar pasar tak sempurnag-Undan persaingan pasar pasar tak sempurnag, hal ini disebabkan oleh afanya UU atau peraturan pemerintah sehingga mempuanyai kekuatan hukum, misalnya : hak paten, hak cipta, lisensi, dll 
  3. Monopoli Masayarakat yang, hal ini karena kepercayaan masayarakat yang terhadap produk tertentu. 
  4. Moniopoli teknologi, disebabkan oleh kemajuan perlatan teknologi sehingga perusahan lain tidak dapat menyainginya
Akibat Monopoli, Ketidakadilan, karena keuntungan di atas normal. Volume produksi ditentukan sendiri. Eksploitasi terhadap konsumen dan persaingan pasar pasar tak sempurna pemilik faktor-faktor produksi.

Tindakan Pemerintah terhadap Pelaku Monopoli. Mencegah monopoli dengan undan persaingan pasar pasar tak sempurnag-undan persaingan pasar pasar tak sempurnag monopoli. Mendirikan perusahaan tandingan. Membuka Import untuk barang yang sejenis dengan produk jenis pasar pasar monopoli. Campur tangan pemerintah dalam produksi dan persaingan pasar pasar tak sempurna harga.

Jenis pasar pasar Oligopoli

Jenis pasar pasar Oligopoli merupakan suatu bentuk interaksi permintaan dengan penawaran dimana terdapat beberapa penjualan pasar pasar /produksen yang meguasai seluruh permintaan jenis pasar pasar. Contoh Jenis pasar pasar Oligopoli : Jenis pasar pasar mobil, motor, dan persaingan pasar pasar tak sempurna pembuatan pesawat terbang. Ciri Ciri Jenis pasar pasar Oligopoli:
  1. Terdapat beberapa penjualan pasar pasar /produsen yang menguasai jenis pasar pasar. 
  2. Barang yang diperjualbelikan dapat homogen dapat pula beberapa corak [differentiated product ]
  3. Terdapat halangan yang cukup kuat bagi perusahaan di luar jenis pasar pasar untuk masuk ke dalam jenis pasar pasar, namun bagi perusahaan yang berskala besar masih terbuka untuk masuk jenis pasar pasar dan persaingan pasar pasar tak sempurna mampu melakukan persaingan 
  4. Satu di antara para oligopolis merupakan market leader ,yaitu penjualan pasar pasaran pasar pasar yang memiliki pangsa jenis pasar pasar yang terbesar .Ia memiliki kekuatan yang besar untuk menetapkan harga dan persaingan pasar pasar tak sempurna penjualan pasar pasar yang lainnya terpaksa mengikuti harta tersebut 
  5. Produk-produknya terstandarisasi, terutama dijumpai pada produk industri yang menghasilkan bahan mentah seperti aluminium dan persaingan pasar pasar tak sempurna industri baja 
  6. Peran iklan sangat kuat terhadap pengembangan perusahaan.

Macam –Macam oligopoli ; 

Oligopoli murni [pure oligopoly], Yaitu : Jenis pasar pasar yang ditandai beberapa perusahaan menjual produk homogen. Oligopoli dengan pembedaan [differetiated oligopoli], Yaitu : Jenis pasar pasar yang ditandai beberapa perusahaan menjual produk yang dapat dibedakan. Kemungkinan Yang Terjadi dalam Penentuan Harga Jual, Produsen oligopol sama dalam penetuan harga. Produsen bersaing tidak harga tetapi dalam bentuk lain , misalnya kemasan, dan persaingan pasar pasar tak sempurna hadiah.


Kelebihan Jenis pasar pasar Oligopoli. 

Hanya terdapat sedikit penjualan pasar pasar karena dibutuhkan investasi yang besar untuk masuk ke jenis pasar pasar.. Jumlah penjualan pasar pasar yang sedikit membuat penjualan pasar pasar dapat menntukan harga pada tingkat tertentu. Bila terjadi perang harga, maka konsumen akan diuntungkan.


Kelemahan Jenis pasar pasar Oligopoli. 

Keutungan yang terlalu besar bagi produsen dalam jangka panjang . Timbul inefesiensi produksi. Eksploitasi terhadap kosumen dan persaingan pasar pasar tak sempurna karyawan peusahaan. Terdapat rintangan yang cukup kuat bagi perusahaan lain untuk masuk jenis pasar pasar karena perlu investasi yang tinggi. Perang harga yang dlakukan oleh perusahaan baru untuk merebuit jenis pasar pasar akan merugikan perusahan yang lama. Perusahaan tidak dapat melakukan kartel (kerjasama perusahaa yang produknya sejenis). Harga tinggi yang relatif stabil [sulit turun ] menunjang muculnya inflasi yang kronis..

Kebijakan dalam Mengatasi Oligopoli. Permintaan mempermudah masuknya perusahaan baru ke dalam jenis pasar pasar untuk menciptakan. Diberlakukannya undan persaingan pasar pasar tak sempurnag-undan persaingan pasar pasar tak sempurnag arti kerja sama antar produsen.
Jenis pasar pasar Duopoli , Duopsoni, Monopsoni dan persaingan pasar pasar tak sempurna Oligopsoni
Jenis pasar pasar Duopoli merupakan interaksi antara permintaan dan persaingan pasar pasar tak sempurna penawaran di mana terdapat dua penjualan pasar pasar/produsen , sedan persaingan pasar pasar tak sempurnagkan jumlah pembeli yang membutuhkannya sangat banyak. Struktur Jenis pasar pasar Duiopoli. Ada dua jenis model struktur jenis pasar pasar duopoli, yaitu:
  1. Model Tidak Reaktif, yaitu tidak adan persaingan pasar pasar tak sempurnaya kemungkinan bagi suatu perusahaan untuk mengatisipasi pesaing, baik mengenai perubahan harga maupun jumlah barang yang ditawarkan 
  2. Model reaktif, di mana model ini disebut juga model persengkokolan dimana dalam model ini perusahaan menyadari adan persaingan pasar pasar tak sempurnaya saling ketergantungan dan persaingan pasar pasar tak sempurna berupaya menghindari persaingan 
Jenis pasar pasar Duopsoni, Jenis pasar pasar Duopsoni merupakan suatu bentuk jenis pasar pasar yang dikuasi oleh dua orang /badan persaingan pasar pasar tak sempurna /lembanga pembeli yang membutuhkan dengan penawaran dari sejumlah penjualan pasar pasar/produsen. Sementara itu Jenis pasar pasar oligopsonimerupakan suatu bentuk jenis pasar pasar yang di kuasai oleh lebih dari satu orang pembeli yang membutuhkan dengan penawaran dari semjumlah penjualan pasar pasar /produsen

Jenis pasar pasar monopsoni merupakan suatu bentuk jenis pasar pasar yang dikuasi oleh satu orang /badan persaingan pasar pasar tak sempurna /lembanga pembeli yang membutuhkan dengan penawaran dari sejumlah penjualan pasar pasar/produsen . Misalnya ,pembeli yang membutuhkan tiang lisrtik di kuasai oleh perusahaan listrik negara .


Jenis pasar pasar Persaingan Monolistik

Pengertian Jenis pasar pasar Persaingan Monolistik merupakan suatu bentuk interaksi permintaan dengan penawaran di mana terdapat sejumlah besar penjualan pasar pasar/produsen yang menawarkan barang yang sama, namun masing –masing memiliki ciri-ciri khusus.(Jenis pasar pasar monopolistik ini berada ditengah antara jenis pasar pasar persaingan tak sempurna dan persaingan pasar pasar tak sempurna jenis pasar pasar pewrsaingan tidak tak sempurna, namun lebih dekat ke pasaar persaingan tak sempurna).

Ciri-Ciri Jenis pasar pasar Monopolistik.
 Terdapat banyak penjualan pasar pasar/produsen di jenis pasar pasar, tapi tidak sebanyak pada jenis pasar pasar persaingan tak sempurna. Jumlah perusahaan sangat kecil dibandingkan dengan out put total. Produsen dapat mengendalikan harga pada tingkat tertentu. Barang yang diperjualbelikan merupakan differentiated . Para penjualan pasar pasar memiliki kekuatan monopolis atas barang produksinya sendiri Oleh karena itu ,harus memperhitungkan persaingan dengan barang –barang lain yan sama ,tetapi berbeda . Untuk memenangkan persaingan setiap penjualan pasar pasar /produsen aktif melakukan promosi /iklan. Keluar-masuk jenis pasar pasar relatif mudah dibandingkan dengan jenis pasar pasar monopoli dan persaingan pasar pasar tak sempurna oligopoli, namun lebih sulit dibanding jenis pasar pasar persaingan tak sempurna. Barang yang dihasilkan sejenis, hanya coradalam hal mutu dan persaingan pasar pasar tak sempurna formula. Contoh; Sampo.Barang produksi berbeda corak sehingga sear fisik mudah dibedakan antara produksi suatu perusahaan dengan perusahaan lain. Kemampuan untuk meyakinkan pembeli yang membutuhkan bahw produknya merupakan yang terbaik merupakan sangat penting dalam iklan.

Kelebihan Jenis pasar pasar Monopolistik. 
Lebih menguntungkan dibanding jenis pasar pasar persaingan tak sempurna karena jumlah pejual lebih sedikit. Memacu kreativitas. Pembeli yang membutuhkan tidak mudah berpindah produk.. Konsumen dapat menikmati berbagai mutu, model, dan persaingan pasar pasar tak sempurna warna dari berbagai barang yang dihasilkan produsen pada jenis pasar pasar monopolistik ini. Konsumen dapat memilih produk sesui dengan kemampuan finansialnnya (uang).

Kelemahan Jenis pasar pasar Monopolistik. Perlu biaya mahal untuk masuk jenis pasar pasar bagi produsen. Terjadi persaingan yang ketat karena jenis pasar pasar didominasai produk-produk ternama. Masih banyak perusahaan tergolong kecil karena efesiensinya masih rendah. Karna kurang efesien, sehingga harga barang yang dibayar konsumen masih tinggi.
Jenis pasar pasar merupakan salah satu tempat atau wadah yang penting dalam dunia perekonomian, karena di sinilah terjadinya jenis pasar pasar persaingan tak tak sempurna transaksi jual beli antara pembeli yang membutuhkan dan persaingan pasar pasar tak sempurna penjualan pasar pasar. Jenis pasar pasar memeliki dua bentuk yakni jenis pasar pasar persaingan tak sempurna dan persaingan pasar pasar tak sempurna jenis pasar pasar persaingan tidak tak sempurna. Mengapa dua nama ini yang dipakai, karena di dalam jenis pasar pasar pasti akan terjadi sebuah persaingan antara satu penjualan pasar pasar atau produsen satu dengan yang lainnya, seperti yang kita ketahui ada persaingan secara sehat dan persaingan pasar pasar tak sempurna curang untuk itulah nama persaingan tak sempurna dan persaingan pasar pasar tak sempurna tidak tak sempurna dipakai. (Baca juga : fungsi ilmu ekonomi)

Dalam ulasan terdahulu yakni dalam bentuk-bentuk jenis pasar pasar telah dijelaskan bahwa jenis pasar pasar persaingan tak sempurna merupakan jenis pasar pasar yang terorganisir secra tak sempurna tanpa adan persaingan pasar pasar tak sempurnaya sebuah hal yang berbau negatif, sedan persaingan pasar pasar tak sempurnagkan jenis pasar pasar persaingan tidak tak sempurna merupakan kebalikan dari jenis pasar pasar persaingan tak sempurna yaitu bentuk jenis pasar pasar yang tidak memiliki pengordiniran yang tak sempurna. Namun dalam ulasan kali ini kita akan fokus pada pembahasan jenis pasar pasar persaingan tidak tak sempurna.

Perlu anda ketahui bahwa jenis pasar pasar persaingan tidak tak sempurna merupakan suatu bentuk jenis pasar pasar yang tidak terorganisisr secara tak sempurna atau bisa juga disebut sebagai bentuk jenis pasar pasar yang kehilangan satu atau lebih ciri-ciri yang dimiliki oleh jenis pasar pasar persaingan tak sempurna. Karena dalam jenis pasar pasar persaingan tidak tak sempurna peran dari pembeli yang membutuhkan dan persaingan pasar pasar tak sempurna penjualan pasar pasar hilang mereka tidak memiliki keleluasaan untuk menetapkan atau menentukan harga suatu produk. Jenis pasar pasar persaingan tidak tak sempurna memiliki beberapa ciri, antara lain :

Jumlah penjualan pasar pasar yang ada sangatlah terbatas.
Jumlah pembeli yang membutuhkan di dalamnya banyak.
Sulit untuk masuk ke dalam jenis pasar pasar karena banyak hambatan dan persaingan pasar pasar tak sempurna gangguan di dalamnya.
Produk yang beredar di jenis pasar pasar atau yang diperjualbelikan bersifat homogen atau satu jenis saja serta tidak adan persaingan pasar pasar tak sempurnaya produk pengganti atau substitusi.
Pihak yang berkuasa bebeas dan persaingan pasar pasar tak sempurna leluasa memainkan harga dan persaingan pasar pasar tak sempurna pihak lain hanya bisa menuruti dan persaingan pasar pasar tak sempurna mengikuti ketetapan yang ada.
Dalam jenis pasar pasar persaingan tidak tak sempurna terdapat lima bentuk jenis pasar pasar, yaitu jenis pasar pasar monopoli, jenis pasar pasar monopolistik, jenis pasar pasar oligopoli, jenis pasar pasar monopsoni dan persaingan pasar pasar tak sempurna jenis pasar pasar oligopsoni. Selanjutnya kita akan membahas satu per satu bentuk jenis pasar pasar tersebut.

Jenis pasar pasar Monopoli

Arti kata monopoli berasal dari bahasa Yunani yakni monos dan persaingan pasar pasar tak sempurna polist, monos artinya satu dan persaingan pasar pasar tak sempurna polist artinya penjualan pasar pasar, jadi monopoli merupakan satu penjualan pasar pasar. Pada dasarnya jenis pasar pasar monopoli merupakan sebuah keadaan atau kondisi jenis pasar pasar dimana hanya terdapat satu kekuatan atau satu penjualan pasar pasar yang berkuasa dan persaingan pasar pasar tak sempurna mampu menjadi beberapa penentu harga dan persaingan pasar pasar tak sempurna lainnya bisa dibilang sebagai penguasa penawaran tanpa adan persaingan pasar pasar tak sempurnaya satu pihakpun yang mampu menyainginya. Dan persaingan pasar pasar tak sempurna penguasa jenis pasar pasar ini sengaja hanya menghasilkan dan persaingan pasar pasar tak sempurna manjual produk yang tidak memiliki pengganti atau substitusi yang dekat. Jenis pasar pasar monopoli dibedakan menjadi beberapa dua yaitu monopoli by law dan persaingan pasar pasar tak sempurna monopoli by nature. Monopoli by law diartikan sebagai jenis pasar pasar monopoli yang dikuasai oleh oleh negara berupa cabang-cabang produk yang menguasai hajat hidup orang banyak. Sedan persaingan pasar pasar tak sempurnagkan monopoli by nature diartikan sebagai jenis pasar pasar monopoli yang timbul secara alami dengan dukungan dari kondisi geografisnya. Contoh dari jenis pasar pasar monopoli misalkan, Perusahaan Listrik Negara (PLN), PDAM, PT. KAI dan persaingan pasar pasar tak sempurna lain sebagainya. Jenis pasar pasar monopoli memiliki beberapa ciri, antara lain :

Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home